Apa Itu Registry Windows ?

Unik Informatika - Registry Windows adalah basis data yang disusun secara hierarki atau jika kita melihat susunan registry sangatlah teratur yang mengandung semua informasi mengenai setelan dan konfigurasi windows pada setiap sistem dalam platform atau OS Windows. Hardware, software, asosiasi ekstensi serta banyak lain tentang itu baik user sampai PC ada semua tercantum disana, sekarang bisa kita simpulkan sistem saraf bagi Windows.

Nah, Registry sendiri pertama kai diperkenalkan di dalam sistem windows sebagai penampung informasi mengenai pemetaan berkas beserta aplikasinya dan kemudian dikembangkan menjadi basis data dengan cakupan yan luas pada sistem operasi sistem keluarga Windows NT. 

Baiklah saya akan menguraikan tentang induk inti dari struktur yang hierarki dalam sistem registry yang menjadikan My Computer sebagai root directory nya, cekidot :

1. HKEY_LOCAL_MACHINE (HKLM) adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi sistem yang bersangkutan yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak, semua yang terdapat di dalam anak pohon ini diaplikasikan kepada semua user windows.

2. HKEY_CURRENT_USER (HKCU) adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi yang dimiliki oleh pengguna yang sedang logon, tempat menyimpan informasi mengenai konfigurasi preferensi user.

3. HKEY_USERS (HKU) adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi tetap user yang terdaftar di dalam komputer yang bersangkutan, setiap isi dari induk ini memiliki nomor SID atau security identifier.

4. HKEY_CLASSES_ROOT (HKCR) adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi asosiasi berkas atau OLE dengan aplikasi yang dapat menanganinya, eg : ekstensi *.txt yang akan diolah oleh Notepad.

5. HKEY_CURRENT_CONFIG (HKCC) adalah tempat penyimpanan untuk konfigurasi hardware dan OS yang sedang digunakan pada proses booting. Informasi yang ada dalam induk ini tidak bersifat permanen karena akan diupdate setiap kali kita booting windows.

6. HKEY_DYN_DATA adalah tempat penyimpanan konfigurasi dinamis untuk semua hardware plug and play.

Untuk lebih detailnya bisa dilihat di registry anda langsung, sekarang saya akan menyebutkan jenis-jenis data yang ada dalam registry itu sendiri, cekidooottt :

1. REG_NONE
2. REG_SZ 
3. REG_EXPAND_SZ
4. REG_BINARY
5. REG_DWORD
6. REG_MULTI_SZ
7. REG_LINK
8. REG_RESOURCE_LIST atau REG_FULL_RESOURCE_DESCRIPTOR
9. REG_QWORD

Hanya itu yang bisa saya bahas, selanjutnya akan saya bahas trik-trik untuk registry, tapi tidak dalam posting ini melainkan pada posting-posting saya berikutnya.
Terima kasih atas kunjungan anda !

materi referensi : wikipedia indonesia atau id.wikipedia.org/wiki/Windows_Registry