Cara Mengupgrade Blackberry (BB) Sendiri

Unik Informatika - Anda sudah lama menggunakan Blackberry (BB) ? ingin mengupgrade OS (operation system) ? anda tidak perlu ke counter dan harus mengeluarkan gocek. Upgrade OS Blackberry bisa anda lakukan sendiri walau merlukan waktu yang agak lama, tapi pasti lebih memuaskan. Tapi tidak semua dari tipe BB bisa menggunakan OS terbaru seperti OS 7. Jadi teliti dulu OS mana yang bisa cocok dengan BB anda, tapi rata-rata BB sekarang yang dasarnya sudah mempunyai OS di bawah 7 sudah bisa upgrade maksimal ke OS 6, kecuali BB tipe Storm.
Berikut adalah cara mudah untuk mengupgrade BB anda :

- Download OS terbaru sesuai dengan tipe BB anda dan provider yang anda gunakan disitus resmi RIM yaitu http://www.berryindo.com/blackberry-official-os-download-list/

- Install "Blackberry Dekstop Manager" dari CD yang disertakan dalam box blackberry anda. atau bisa anda download disini.

- Klik file .exe yang anda download untuk menginstallnya di PC anda lalu restart PC anda.

- Buka Partisi C anda, lalu pilih program files, pilih common files, pilih research in motion, pilih app.loader, lalu hapus file vendor.xml.

- Buka dekstop manager lalu lakukan backup, ini untuk menjaga jika saja terjadi kesalahan pada saat anda mengupgrade BB anda.

- Matikan network dan lepaskan memory card.

- Hapus/wipe BB anda jika bermasalah dengan melih options dari BB anda, pilih security options, pilih general setting, pilih button/tombol menu BB, lalu pilih wipe handheld. Jika OS awal anda adalah 4.2 pilih wipe include third party.

- Buka kembali Dekstop Manager anda.

- Hubungkan BB anda dengan PC dan tunggu hingga BB benar-benar terkoneksi dengan desktop manager.

- Dengan otomatis akan terdeteksi OS terbaru anda, pilih check for update OS, lau ikuti petunjuk yang ada.

- Jika gagal/tidak terdeteksi, restart PC anda.

- Jika OS baru tidak juga tedeteksi oleh dekstop manager, tutup dekstop manager lalu masuk ke bagian anda menghapus file vendor.xml tadi, dan pilih file loader.exe, lalu ikuti petunjuk yang ada.

- Tunggu hingga BB anda benar-benar nyala dan booting hingga homescreen. Ingat !! jangan pernah cabut kabel atau memainkan kabel data.  

- Lalu setting Blackberry anda.

- BB anda sudah siap digunakan dengan OS terbaru.

Jika anda menggunakan dekstop manager v6, anda bisa langsung mengupgrade BB anda secara online. itu lebih mudah tanpa harus besusah payah melakukan langkah-langkah di atas.

Selamat mencoba ... semoga sukses ... :D

source : Blueze44 Blog