7 Tips Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

Unik Informatika - Sangat sering sekali mata kita kelelahan ketika sedang berhadapan dengan komputer dalam waktu yang lama, ini tidak bisa dihindari untuk Anda maniak bekerja dan maniak game. Pastinya keadaan ini akan membuat kita risih.

Tetapi ada cara kok untuk bisa mengatasi kejadian ini dan akan saya bagikan untuk Anda semua pembaca blog ini Tips mengatasi kelelahan mata yang terlalu lama di depan komputer, baca baik-baik penjelasan saya untuk ketujuh poin yang akan saya uraikan dibawah ini.

1. Gunakanlah Kacamata Khusus



Kacamata komputer tidak sama dengan kacamata baca. Bila pekerjaan cukup menuntut Anda untuk sering berhadapan dengan monitor dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya gunakanlah kacamata ini. Selain dapat menahan radiasi langsung dari komputer, alat ini juga membantu agar penglihatan tak terlalu terbebani dan mencegah kerusakan mata. Jika tertarik, datanglah langsung ke dokter mata. 

2. Istirahat Sebentar


7 Tips Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

Mungkin ini akan menjadi cara atau tips paling mudah untuk Anda yaitu istirahatlah sejenak ketika mata Anda sudah merasa tidak nyaman dan lelah didepan layar. Di sela-sela kesibukan kerja Anda, sempatkan waktu sebanyak 15 menit untuk tidak melihat monitor komputer termasuk melihat layar handphone sama sekali. Untuk membuat otot-otot mata Anda menjadi lebih rileks dan nyaman, fokuskan penglihatan pada sebuah objek yang jauh selama beberapa detik, ini tips yang wajib Anda catat dan lakukan.

3. Berkedip Lebih Sering
Sering berkedip adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan ketika mata mengalami kelelahan. Ketika sedang sibuk mengetik pekerjaan atau tugas Anda, intensitas kedipan mata jadi berkurang dari yang seharusnya dan membuat mata menjadi kering. Kediplah mata setiap 10 sampai 15 detik sekali. Cara ini juga dapat membuat penglihatan menjadi lebih baik dan tajam.

4. Pijatlah Daerah Sekitar Mata
Jika mata benar-benar terasa lelah atau kering, Anda bisa melakukan pijatan-pijatan kecil disekitar area mata untuk membuat mata kembai rileks. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menutup ke dua mata kemudian tempatkan tengah telapak tangan di depan dan sekitranya. Ada baiknya ketika Anda melakukan hal ini, atur dan tariklah nafas yang panjang supaya pikiran menjadi lebih tenang.

5. Posisi Monitor dan Cahaya Monitor
Posisi komputer dan cahaya monitor juga amat sangat berpengaruh kepada kesehatan indera penglihatan (mata). Selain menjadikan mata lelah, posisi dan cahaya yang kurang pas juga bisa menyebabkan mata rusak. Atur jauh mata dengan komputer sekitar 50 – 70 cm jaraknya. Perhatikan pula supaya pencahayaan tidak terlalu terang atau redup, sebaiknya jangan menatap monitor dalam keadaan gelap.


6. Posisi Duduk


7 Tips Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

Posisi duduk juga mungkin berpengaruh untuk kesehatan mata kita didepan komputer, bagaimana tidak posisi duduk yang bagus dan dianjurkan sangat berperan dalam mengatasi kelelahan pada mata kita, sebaiknya aturlah posisi duduk Anda dengan benar dan senyaman mungkin untuk mata dan tubuh Anda.

7. Banyak Konsumsi Vitamin dan Mineral


7 Tips Mengatasi Mata Lelah di Depan Komputer

Selain cara-cara di atas, perhatikan pula asupan makanan sehari-hari. Pastikan jika apa yang Anda konsumsi mengandung cukup vitamin A, C, dan E serta B compleks dan zink agar kesehatan mata tetap terjaga. Bila diperlukan, konsumsi pula suplemen tambahan jika ingin memperbaiki dan meningkatkan kinerja dan kualitas mata Anda.

BONUS : Sedikit tambahan, ada baiknya Anda menggunakan Software Eye Pro untuk bisa lebih memaksimalkan kinerja mata anda, informasi lebih lanjut bisa Anda baca pada artikel : Lindungi Mata Anda dengan Eye Pro