Membantah Mitos Terkait Teori Evolusi (Charles Darwin)


Unik Informatika - Teori evolusi banyak menjadi bahan perdebatan di kalangan cendekiawan di seluruh dunia. Umumnya perdebatan terjadi karena kesalahpahaman semata. Berikut beberapa kesalahpahaman yg sering menjadi bahan perdebatan tiada henti antara yg pro teori evolusi dengan yg kontra.

1. Manusia adalah keturunan Monyet.

SALAH, DARWIN dan evolusionis lain tak pernah mengatakan bahwa manusia adalah keturunan monyet. Kesalahpahaman ini muncul karena anggapan yg salah terkait fosil manusia purba. Manusia memang diklasifikan sebagai kerabat dekat dengan keluarga kera besar namun mengenai moyang manusia belum diketahui secara pasti. Anggapan ini menjadi semakin salah kaprah karena sering dikutip dalam propaganda anti teori evolusi.

BENAR, primata (termasuk monyet) merupakan makhluk hidup yg paling dekat kekerabatannya (dalam hal morfologi dan genetika) dengan manusia. Namun bukan berarti ini menjadi bukti bahwa manusia berasal dari kera.

http://unik-informatika.blogspot.com/2012/11/membantah-mitos-terkait-teori-evolusi.html


Gambar di atas sering menimbulkan miskonsepsi, seolah2 terjadi perubahan instan dari kera hingga menjadi manusia modern. Gambar yg lebih bisa menjelaskan hubungan manusia dan primata lain adalah seperti di bawah ini:

http://unik-informatika.blogspot.com/2012/11/membantah-mitos-terkait-teori-evolusi.html


Dari gambar di atas bisa terlihat percabangan evolusi dari makhluk purba yg menurunkan beberapa keturunan yg berbeda. Manusia dan primata lain yg hidup saat ini serta beberapa yg sudah punah adalah keturunan dari suatu makhluk hidup (shared common ancestor) di masa lampau yg masih belum diketahui "bentuknya" sampai saat ini.

NB: kera dan monyet dalam pengertian biologi adalah dua makhluk hidup yg berbeda. Cara paling gampang membedakannya adalah kera tak berekor sedangkan monyet berekor.

2. Teori evolusi adalah teori yg tidak ilmiah.

SALAH, sampai saat ini teori evolusi menjadi satu-satunya teori ilmiah yang menjelaskan asal usul keragaman makhluk hidup (origin of species). Ilmiah karena disusun atas prosedur ilmiah dan telah teruji oleh ilmuwan diseluruh dunia dari berbagai bidang terkait, seperti geologi (sejarah bumi), teori tentang asal usul kehidupan di bumi, serta ilmu turunan dari t.evolusi seperti genetika dan anthrpologi fisik.
Show


3. Teori evolusi menentang klaim agama yg menyatakan bahwa Adam adalah manusia pertama di bumi.

SALAH, teori evolusi tidak membahas hal tersebut. Evolusionis "tidak peduli" apakah manusia pertama itu bernama Adam atau bukan. Evolusionis hanya peduli kapan dan dimana manusia modern seperti kita sekarang pertama kali muncul di bumi.

4. Konon Teori Evolusi menafikan keberadaan Tuhan (atheis). Benarkah ini?

Tidak mesti begitu. Bisa jadi Tuhan menciptakan mekanisme evolusi sebagai cara "menciptakan" berbagai jenis makhluk hidup. Teori evolusi hanya membantah penafsiran bahwa Tuhan menciptakan beraneka ragam makhluk hidup secara langsung. Ingat, yg dibantah adalah penafsiran penciptaan makhluk hidup, bukan bantahan terhadap keberadaan Tuhan. 
menyikapi perbedaan penafsiran antara teori evolusi dan pendangan agama, klik di sini.

5. Teori evolusi membahas asal usul terbentuknya makhluk hidup.

setengah SALAH setengah benar, bidang ilmu yg fokus pada terbentuknya asal usul makhluk hidup adalah teori abiogenesis modern sebagai pengembangan dari teori abiogenesis. Teori evolusi lebih fokus pada bagaimana keragaman makhluk hidup terbentuk setelah makhluk hidup pertama muncul di bumi.

6. Teori evolusi menginspirasi Hitler untuk mengumadangkan superioritas ras arya.

Bisa jadi, tapi jangan salah kaprah. Teori evolusi sama seperti teori ilmiah yg lain, netral. Bergantung pada manusia yg memanfaatkan teori tersebut. Lagipula Hitler adalah penganut Kristen yg taat yg menganggap bahwa Tuhan menciptakan semua makhluk hidup secara langsung, bukan melalui proses evolusi.

Jadi Musti bagaimana?

Evolusi JANGAN DIPERCAYA. Tetapi dipelajari , diteliti, dan dimengerti apakah benar-benar terjadi, dan bagaimana terjadinya. Kemudian ambil manfaatnya kalau masih ada yg bisa dimanfaatkan. Evolusi juga bukan aliran kepercayaan, kok. Jangan dihantem pakai keyakinan, mesti mleset !!

Sekian Dulu terima kasih !

sumber : http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=322886