Tutorial Download Video Youtube dengan Resolusi Tinggi (HD)

Youtube Downloader

Unik Informatika - Suatu ketika saya menjelajah di dunia Youtube, ketika itu saya menemukan sebuah video yang sangat ingin saya untuk mendownload nya, tetapi video yang ingin saya download dalam resolusi besar dan dalam bentuk mp4, nah ketika itu di perangkat saya sudah terinstal IDM, pada sudah tau apa itu IDM kan? kalau belum search saja di Google. Lanjut lagi, Oh ya saya menggunakan browser Google Chrome yang sudah ada ekstensi IDM nya jadi bisa langsung download video itu, tetapi file yang akan saya download itu tidak sesuai harapan karena file itu resolusinya buruk dan dalam bentuk FLV, teman-teman sering juga begitu kan? nah dari sini saya mencari cara untuk memenuhi hasrat saya. 

Beruntung saya, bertemu dengan sebuah ekstensi Chrome tetapi berbeda dengan ekstensi lainnya. Perbedaan nya terletak pada ekstensi versi full atau tidaknya, menarik bukan?

Sedikit bercerita lagi, saya akan memberikan kelebihannya dalam bentuk point :

1. Ekstensi ini bisa mengubah tampilan Youtube kita menjadi lebih powerfull dan simple, juga bisa mengubah warna player youtubenya
2. Ekstensi ini bisa dipakai pada 3 browser, yaitu Google Chrome, Safari dan Opera
3. Ekstensi ini menyediakan beberapa bentuk file video untuk di download seperti Mp4, Flv, WebM, 3D, 3gp, Dash Part
4. Bisa digunakan di beberapa player lainnya selain Youtube seperti Vimeo, DailyMotion, Metacafe dll
5. Masih banyak lainnya, cari tau aja sendiri hehehe

Untuk kelemahannya ada 2 yang baru saya temukan, yaitu :

1. Belum tersedia untuk Mozilla Firefox
2. Tidak bisa menampilkan resolusi tinggi jika video itu memang di upload dalam resolusi rendah

Lama-lama ngetik capek juga ya, eh ada yang kelupaan lho saya lupa ngasih tau ke anda-anda semua namanya, nama ekstensi super yang jadi andalan saya di Youtube ini adalah YOUTUBE OPTION (FULL VERSION), untuk mendapat yang full nya kita tidak pakai kerak-kerakan tapi ada cara halal nya nanti saya urai dibawah.

Cekidot :

1. Karena saya pengguna Chrome jadi saya praktekkan dalam browser chrome saya
2. Buka chrome dan pergi ke alamat ini : Youtube Option Full Version
3. Setelah web itu terbuka langsung saja ada 3 pilihan, pilih yang Chrome
4. Tunggu proses download nya selesai
5. Setelah selesai, buka folder download dan ketikkan di alamat address chrome : chrome://extensions/
6. Setelah terbuka, seret atau drag file download tadi ke tempat ekstensi chrome, tunggu proses install nya
7. Tadaaaaaaaaa sudah ada di chrome anda, kalau tidak percaya silahkan buka Youtube anda

Tampilannya seperti ini :

http://unik-informatika.blogspot.com/2013/11/tutorial-download-video-youtube-resolusi-tinggi-HD-segala-ekstensi.html

Pada tempat yang saya bulatkan itu adalah tempat download file nya, kenapa disana hanya ada 2 filetype? karena saya sudah mengatur nya di setelan Youtube Option nya supaya hanya ada 2 type yaitu WebM dan Mp4.

Cara downloadnya mudah, bagi anda yang tidak ada download manager tinggal klik saja, nah untuk anda yang memakan IDM atau semacamnya bisa langsung klik kanan di salah satu pilihan solusi dan klik Download with IDM.

Jika anda mencari nya di Chrome Store, anda tidak akan menjumpai versi fullnya, tetapi anda harus langsung ke homepage mereka baru anda mendapatkan versi Full Version dengan cara halal.

Berikut penampakannya :

http://unik-informatika.blogspot.com/2013/11/tutorial-download-video-youtube-resolusi-tinggi-HD-segala-ekstensi.html

Jelas tertulis di kolom yang saya bulatkan, Not from Chrome Web Store.
Sekian dulu.