Cara Simpel Mengubah Font Di Android

Unik Informatika - Kebanyakan dari kita sering bosan dengan tampilan gadget kita, apalagi untuk OS Android. Mungkin muncul keinginan untuk mengubah jenis Font yang kita gunakan untuk screen gadget kita, bisa saja dengan Aplikasi FontInstallerRoot, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis pada PlayStore. Namun perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya bisa berjalan untuk ponsel yang  telah sudah di Root. Jadi, pastikan bahwa  Androidmu sudah diroot.  Apabila belum dan tidak mengerti apa itu Root sebaiknya hentikan sekarang juga karena dapat menimbulkan kerusakan system apabila droiders tidak memiliki dasar tentang Root.

Setelah terinstall, bukalah FootInstallerRoot. Aplikasi ini memiliki dua  opsi dalam menginstall Font baru. Menginstall font yang telah droiders download sebelumnya dan berada dalam penyimpanan lokal android atau langsung mendownload dari server aplikasi tersebut.

Install melalui data lokal.
1. Pilih Tab Lokal dan carilah  font yang telah  droiders download sebelumnnya.


2. Pilih  file font tersebut. Jika droiders  ingin melihat  previewnya sebelum menginstall, pilih Preview. Jika tidak, langsung saja pilih Install.


3. Selanjutnya akan muncul pop up yang meminta konfirmasi droiders. Selain itu juga berisi peringatan bahwa sebelum melakukan penginstalan, droiders direkomendasikan untuk melakukan  Android backup (backup system) agar sewaktu-waktu terjadi error droiders dapat dengan mudah memperbaikinya. Jika droiders ingin membackup font yang ada, pilih backup, jika tidak, langsung saja pilih Continue.

4. Jika droider memilih backup, maka font tidak langsung terinstall. Disini droiders perlu melakukan cara yang sama seperti sebelumnya. Maka akan terjadi proses instalasi Font baru. Setelah instalasi selesai akan muncul pemberitahuan bahwa droiders harus merestart Android. Pilih Yes jika droiders ingin segera merestartnya atau No jika droiders ingin merestart nanti.

Install melalui server Font Installer Root.
1. Pilih menu Server. Lalu pilihlah font yang droiders inginkan. Sama seperti nomor satu, pilih preview  jika droiders ingin melihat-lihat dahulu atau  pilih  Install jika droiders  ingin langsung menginstallnya. 

2. Akan muncul pemberitahuan bahwa droiders diharuskan merestart Android agar  instalasi Font memberikan efek.


Sekali lagi saya ingatkan untuk melakukan backup  baik itu  Android backup ataupun backup lainnya yang diperlukan agar apabila terjadi hal yang  tidak diinginkan, kita dapat mengembalikan keadaan menjadi seperti semula. Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan baik secara Software maupun Hardware.
Berani berbuat berani bertanggung jawab, do on your own risk !!!
sumber : android-indonesia.com